Saturday, August 20, 2016

TERMINOLOGI JARINGAN

Dalam terminologi jaringan awalnya LAN dan WAN merupakan desain yang orisinil, namun saat ini sudah mengalami perkembangan. ada beberapa yaitu

1. LAN (Local Area Network)
   merupakan komunikasi sejumlah komputer ataupun perangkat komunikasi di dalam suatu area terbatas dengan menggunakan media komunikasi tertentu ( kabel, wireless, dan lain-lain) LAN didesain untuk kebutuhan dan kondisi sepereti :

-Beroperasi dalam area geografis terbatas (kecil)
-Memberi akses user-user melalui media dengan bandwidth tinggi
-Menyediakan konektivitas full-time untuk servis-servis local
-Melakukan koneksi secara fisik antar perangkat yang berdekatan

2. MAN (Metropolitant Area Network)

merupakan jaringan dengan area operasi lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN (disebuah kota), dengan kapasitas data dan performa hardware yang tinggi. MAN terdapat dalam satu kampus atau dalam satu wilayah yang agak luas(dpat juga satu kota). MAN biasanya tidak dimiliki oleh satu organisasi saja sana seperti LAN.


3. PAN (Personal Area Network)



PAN adalah jaringan komputer yang dapat digunakan untuk komunikasi antar komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri atau untuk menghubungkan ketingkat yang lebih tinggi dan jaringan internet.


4. DAN ( Desk Area Network)


DAN adalah sebuah workstation multimedia berbasis disekitar suatu interkoneksi ATM .Semua komunikasi antara peripheral dan bahkan antara CPU dan memory utama dengan dicapai dengan mengirimkan sinyal ATM melalui sebuah switch Fabric.


5. WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan komunikasi antar LAN yang satu dengan LAN yang lainnya yang dipidahkan oleh jarak geografis yang cukup jauh. Misalnya hunbungan antara kantor pusat dengan cabang-cabang yang ada didaerah yang berbeda Teknologi WAN yang umum digunakan yaitu : Modem, Frame Relay, ATM (Asynchronous Transfer Mode). 

No comments:
Write komentar